20.8.14

Gigi kuning? ini daftar makanan yang harus dihindari


Gigi idaman bagi banyak orang adalah gigi yang putih, sehat lagi bersih. Namun adakalanya warna gigi bisa berubah, misalkan jadi menguning. Kebanyakan hal ini disebabkan konsumsi makanan atau minuman tertentu.

"Yang dapat mengubah warna gigi utamanya ada teh, sirih, kafein dari kopi, zat pewarna makanan, baik yang alami maupun buatan," ungkap Prof. drg. Heriandi Sutadi, SpKGA (K), PhD dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia ketika dihubungi detikHealth dan ditulis Rabu (23/4/2014).

Kepala Bagian Ilmu Kedokteran Gigi Anak, Fakultas Kedokteran Gigi UI itu menambahkan logam berat yang terkandung dalam air sumur
lalu terminum dan mengendap dalam gigi pun dapat memicu perubahan warna pada gigi.

"Atau dari serum besi (yang terkandung dalam) zat pewarna makanan," imbuhnya.

Selain makanan, konsumsi obat dan kebiasaan tertentu tentu juga dapat berpengaruh terhadap kondisi mulut, apalagi gigi.

Untuk obat, dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah Jakarta tersebut mengatakan tak semua obat dapat menyebabkan gigi menguning. Yang perlu diwaspadai adalah obat-obatan yang mengandung kalium tinggi.

"Obat kumur, misalnya yang mengandung yodium juga bisa mengubah warna gigi," tegasnya.

Menurut sejumlah studi, minuman berenergi dan bersoda juga dapat mempengaruhi penampakan dan kesehatan gigi, terutama bila dikonsumsi secara berlebihan. Dimulai dengan mengakibatkan perubahan warna gigi hingga pada akhirnya gigi bisa berlubang bahkan rusak karenanya. Untuk anda yang membutuhkan obat pemutih gigi bisa beli disini.

No comments:

Post a Comment

About Us

pesan sekarang juga