20.8.14

Mau memutihkan gigi? baca petunjuk ini

Idealnya gigi memiliki gigi warna putih cemerlang. Oleh sebab itu, gigi yang berwarna kekuningan tentu akan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Jangan khawatir, gigi kuning juga bisa dicegah dengan cara sederhana.


Menurut Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKGA (K), PhD, langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah gigi kekuningan yaitu dengan menghindari zat pewarna yang ada di dalam makanan.

"Kedua, hindari rokok, teh, atau jenis makanan atau minuman apapun yang pekat. Selain itu, perhatikan juga waktu lamanya menyikat gigi," papar Prof Heriandi, yang merupakan Guru Besar FKG UI, saat berbincang dengan detikHealthdan ditulis pada Rabu (23/4/2014).

Sikat gigi lebih intens atau dengan waktu lebih lama disebut-sebut lebih baik daripada
jika hanya sebentar oleh Prof Heriandi. Alasannya, berbagai macam 'tempelan' sisa makanan atau minuman jika disikat dengan benar akan hilang. "Sikat gigi yang baik dan benar itu yang lama dan semua permukaannya kena," ungkapnya.

Terakhir, Prof Heriandi berpesan bagi Anda untuk segera berkumur setiap kali selesai makan makanan berwarna. Kebiasaan ini dianggapnya dapat membantu mengurangi bertumpuknya tempelan pada gigi yang dapat menimbulkan noda kekuningan.

"Kalau bisa setelah makan makanan yang bewarna segeralah berkumur dengan air putih yang bersih, nanti kalau sudah sampai di rumah baru disikat," tegasnya.

Cara mudah lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya noda kekuningan pada gigi adalah dengan minum melalui sedotan. Minum dengan menggunakan sedotan dapat meminimalkan kontak dengan gigi. Ini bisa menjadi langkah penting dalam menghentikan penguningan gigi.

Beberapa makanan renyah juga diketahui dapat membantu untuk memutihkan gigi dengan cara membersihkannya. Misalnya, apel, pir, selada dan lainnya. Makanan berserat ini membantu untuk membersihkan gigi secara efektif.
sumber : detikcom

No comments:

Post a Comment

About Us

pesan sekarang juga